[#CoolEYeah]Perawatan rambut: (Gak cukup) Cuma Pake Shampo

Holla~~! *wajah berserihserih* *cling cling*

Berasa hepi banget yaaa… Hahaha

Iya doonk. Karena saat ini Me dah gak pernah bad hair day lagi. Hohoho

 bad hair day cat

Kali Iniy…jarang2 niy me mo kasih tips cantik.

Berkat mata kuliah kosmetika alami di kampus, me jadi terinspirasi untuk berbagi tentang kosmetika.

Kosmetik bukan Cuma yang berhubungan dengan wajah atau make up, lalala~ ya…

Produk perawatan rambut juga masuk ranah kosmetika alami.

Dan disini me bakal sedikit curcol karena apa yang akan me bagi adalah berdasarkan pengalaman me sendiri.

Kalau me tidak merasakan sendiri manfaatnya, kayaknya gak bakal juga me gatel buat bagi2🙂

 2989531375_5a7e8aab50_z

[Dulu] Rambut Me…

benar2 seperti ijuk.

Kering, kasar, dan megar kayak singa terutama setelah keramas.

Walaupun me pake jilbab dan penampilan rambut itu Cuma dilihat waktu di rumah aja,

Tetep aja namanya cewek pengen semuanya terlihat cantik. Hahaha

Dan me termasuk orang yang suka ngutak-ngatik rambut.

Kalo lagi stres ngerjain tugas pasti ngaca dan ikat rambut pake model2 yang gak jelas.

Tujuannya buat ganti suasana, biar gak stres. Dipikirnya kalau rambutnya rapi karena diikat, pikirannya juga bakal rapi lagi. Hehehe😛

Kadang sebal melihat rambut dah dipotong model apapun tetep aja kayak singa.

Walaupun diikat model ekor kuda juga tetep aja kelihatan mekar, apalagi dibagian rambut yang kering itu. Iiih, melihatnya aja udah nggak banget >.<

Tapi Sekarang…rambut me dah lembut, lemas, dan gampang diatur *iklan banget -_-*

Mau tau rahasianya?

Ternyata pakai shampo aja nggak cukup.

Me sudah gonta-ganti shampo, sampai akhirnya menemukan shampoo yang cocok,

Tapi tetep aja rambutnya me terasa kering seperti sapu ijuk.

Pake conditioner?

Udah. Rambut me emang jadi lebih lembut, tapi setelah keramas dan masih basah aja.

Setelah kering? Megar lagi kayak singa.

Sekarang me tahu, rambut me butuh banyak hal untuk bikin dia bagus.

Beauty is pain itu antara bener dan salah.

Buat cantik itu memang butuh pengorbanan dan gak bisa instan.

Ternyata untuk membuat rambut terlihat cantik, lembut, dan berkilau itu banyak hal yang diperlukan.

Mo Tau Perawatan Rambut…
yang me lakukan beberapa bulan ini?

Caranya gampang aja sih, tapi memang butuh ketelatenan dan ketekunan *halah*

Tapi me yakin buat yang emang pengen dan suka menjadi lebih cantik, pasti cara ini gampang banget untuk dilakukan.

Gak perlu ke salon untuk dapat rambut cantik dan sehat, cukup rutin dan rajin aja.

Beberapa bahan yang me pake untuk merawat rambut juga gampang dicari kok:)

Dan yang pasti juga dijamin murah😀

Yuk intip yuk…

  1. Minyak Kemiri

    bijikemiri
    Well…
    dalam perawatan rambut, minyak kemiri terkenal karena dipercaya dapat menghitamkan rambut.

    Dengan alasan itu juga, awalnya, me pakai minyak ini.

    Karena, entah kenapa meskipun pakai jilbab, rambut me merah.

    Rambut kering+merah = kelihatan sangat tidak sehat.

    Oleh karena itu, me iseng coba2 pake minyak kemiri untuk rambut.

    Me juga pernah post tentang uji coba minyak ini ke rambut me beberapa waktu yang lalu.

    Hasilnya?

    Tidak terlalu memuaskan. Ahahaha. *honestly or too honest here?*
    You Know What…?
    Salah satu kekurangan pakai minyak seperti ini sebelum keramas adalah boros shampoo.

    Shampoo yang harus digunakan untuk menghilangkan minyak itu dari rambut cukup banyak.

    Rambut harus dibilang berkali2 agar rambut tidak licin.

    Mungkin hal ini yang membuat rambut me semakin terasa kering.

    Karena minyak itu masih menempel di rambut dan karena terlalu banyak shampoo yang me pakai di rambut.
    Percobaan 1…
    GAGAL!

    Tapi me masih terobsesi membuat rambut me menjadi hitam.

    Jadi sesekali me masih berusaha dengan menggunakan minyak ini. Me pikir mungkin efeknya tidak akan terlihat sekarang. Mungkin kalau me pakai lebih lama, hasilnya akan terlihat. Mungkin kalau minyak itu sudah habis me pakai. Hahaha

  2. Olive oil

    olive_oil_hair_care_doohickeys

    Masih Dengan Minyak…tapi kali ini olive oil.

    Gak tau kenapa me suka banget sama minyak yang satu ini.

    Awalnya me beli untuk mencegah tumit pecah2 (ini AMPUH banget dipake sebelum tidur).

    Karena me merasakan keampuhan minyak ini di tumit me, me jadi berpikir.

    Jangan2 ini minyak juga bisa untuk melembutkan rambut?

    Jadilah me coba cari di internet soal itu.

    Di youtube ada beberapa orang yang mempraktekkan cara pake olive oil di rambut, dan me coba cara yang sama.
    Caranya Sanga~t Mudah…cukup oleskan merata di rambut, tutup dengan handuk selama skitar 20-30 menit. Terus keramas. Simple!

    Dan me pikir minyak ini cukup berefek untuk rambut me.

    Me baru pakai minyak ini sekitar 2 bulan ini.

    Tidak rutin setiap kali keramas me pakai sih. Mungkin sekitar 1x 3 keramas baru me pakai. Itu pun jarang2. Kadang me gantian pakenya sama minyak kemiri. Minggu ini pake olive, minggu depan pake kemiri.

    Tapi me mulai merasakan manfaatnya olive oil. Rambut me mulai lembut.

    Mungkin kalau me terus pakai selama beberapa bulan ke depan, akan lebih terasa manfaatnya.

  3. Shampoo yang cocok

    Iniy Komponen Yang Paling Penting…dalam perawatan rambut. Shampoo.

    Yang satu ini harus ada kalau keramas kan?

    Karena itu penting banget untuk pakai shampoo yang cocok sama rambut.

    Gimana tau shampoo itu cocok sama rambut kita?

    Untuk memilih shampoo sih, yang pertama cari produk yang sesuai dengan tujuan kita.

    Misal pengin rambutnya hitam, ya pakai yang untuk menghitamkan rambut.

    Atau ingin menghilangkan ketombe, pakai shampoo antiketombe.

    Tapi berdasarkan pengalaman, kalau me sendiri kurang suka pakai shampoo antiketombe.

    Menurut me, kalau shampoo itu cocok untuk rambut kita, antiketombe atau bukan, pasti akan gak akan membuat ketombe.

    Meskipun, untuk perawatan ketombe, ada baiknya pakai shampoo antiketombe dulu.

    Setelah ketombenya gak ada dan keluhan rambut tetep ada, coba shampoo lain untuk mengatasi keluhan itu.

    Itu saran me aja sih. Berdasarkan pengalaman me begitu soalnya. Hehehe..

    Gonta-ganti Shampoo Boleh..?

    Boleh aja lho. Yang penting coba cari yang cocok.

    Mungkin penggunaan pertama gak akan langsung cocok.

    Coba setelah beberapa kali pemakaian, kalau terasa ada perubahan yang baik pada rambut, terus pakai produk itu aja.

    Asal jangan terlalu sering ganti dengan tujuan iseng yaa.

    Kasian rambutnya ntar. Kalau udah cocok ya udah.

    Cobalah untuk setia. Hhahaha…
    Satu Hal Lagi…berdasarkan pengalaman juga,

    Kalau rambut cocok dengan satu produk shampoo, belum tentu conditioner dari produk yang sama juga akan cocok.

    Pilih yang cocok juga dengan rambut ya.

  4. Vitamin rambut

    Yang Satu Ini Juga Gak Kalah Penting…
    bisa dibilang ini must have item #2 buat me.

    Setelah keramas, selalu me usahakan untuk pakai vitamin rambut.

    Me suka yang buat menghitamkan rambut.

    Selain membuat rambut lebih harum setelah keramas, juga bikin lebih lembut.

    Tapi kadang kalau rambutnya dah me kasih minyak sebelum keramas, me gak akan pakai ini lagi.

    Karena me pikir, komponen utama dari vitamin ini juga minyak, kalau terlalu banyak miyak malah efeknya gak bagus untuk rambut.

    Meskipun, kadang kalau merasa rambut me agak kering, me pakai juga vitamin rambut ini setelah rambut bersih dari minyak zaitun/kemiri.

  5. Masker rambut

    rby-diy-beauty-hair-mask-de

    Produk Yang Satu Iniy…
    baru me coba sekali.

    Me kurang tau, rambut me lebih lembut sekarang ini karena efek masker rambut atau bukan karena me belum pakai lagi.

    Tapi me rasa sedikit banyak peroduk ini juga berjasa membuat rambut me lebih lembut sekarang.

    Penggunaan masker ini kalau me gak pake minyak sebelumnya. Dan biasanya setelah me pakai ini, me gak akan pakai vitamin rambut.

  6. Night miracle essence

    Kalau Yang Iniy…harga produknya lumayan mahal yaa…

    Dan yang me tau baru Pantene yang mengeluarkan produk semacam night cream untuk rambut ini.

    Lagi2 me pakai produk ini juga tidak pada hari setelah me keramas.

    Biasanya pada hari2 me tidak keramas, kalau berasa rambutnya kering atau inget buat pake baru deh me pake. Hehehe.

    Tapi me suka sensasi setelah pakai produk ini, jadi lembut dan wangi. Hohoho…

Itu Dia…rahasia perawatan rambut me.

Gak pake salon, semua dilakukan dirumah secara rutin setiap kali keramas.

121812_1245_CoolEYeahPe5.jpg

Yang Perlu Diingat…

  • me gak pakai semuanya dalam satu waktu.

    Selalu me gilir perawatannya.

    Kalau kemarin sudah pake minyak kemiri, keramas selanjutnya gak pake apa2, Cuma vitamin rambut setelah keramas.

    Baru 2x keramas selanjutnya lagi pakai minyak zaitun.

    Biarkan satu produk itu meresap secara utuh ke dalam rambut tanpa tercampur bahan2 yang lain.

    Jadi kalau lagi pakai satu minyak, biarkan manfaatnya berasa dulu. Atau sisa minyak yang mungkin keramas sebelumnya masih menempel, bersih dengan keramas selanjutnya dulu, baru pakai minyak yang lain atau masker rambut.

  • Me biasanya keramas 2 hari sekali.

    Itu sudah lumayan terlalu sering bagi me, tapi tipe rambut me berminyak, kalau gak keramas setelah 2 hari pasti jadi lepek dan kotor.

  • Jangan lupa untuk rutin melakukannya.

    Efeknya memang gak akan terlihat langsung. Karena ini semitradisional, jadi musti sabar melihat hasinya.

    Seperti me, me baru merasakan sekarang efeknya. Karena itu me share disini.

    Yang pasti, kalau emang pengin rambutnya bagus, ya musti konsisten sama perawatan yang disuka.

    Yang alami bakal lebih baik. Me percaya itu.

    Meskipun hasilnya gak langsung terlihat, tapi nantinya pasti akan lebih bagus.

Sekian Tips Dari Me…

Selamat mencoba.

Happy Beauty~!

_*LoveMe.oNk*_


About this entry