.:Jam Kerja O.T.A.K:.

kAYAKNYA… Me sering banget ya ngomongin otak? Wkwkwkw… Berapa waktu lalu Me pernah post tentang makanan otak dan alzheimer. Dan sepertinya Me makin tertarik sama organ kita yang satu ini setelah Me nonton dorama Jepang, ‘Mr. Brain’ *pengen ngepost review tentang dorama ciamik yang satu ini, tp masih belum sempat..Gomenasai~~ i will post soon^^*

gAK tAU kENAPA…tiba2 penasaran pengen tau jam biologis otak. Me pernah baca kalo otak itu punya jam kerja dan kalau ingin kerja kita lebih efektif ada baiknya bekerja menurut jam biologis otak supaya kinerja kita lebih maksimal, secara otak adalah pusat pengaturan kerja manusia. Dan setelah Me searching, ternyata gak banyak orang yang membahas tentang jam biologis ini, walaupun Me mendapatkan beberapa.

sEBELUM mE mBAHAStentang jam kerja otak, Me menemukan beberapa fakta unik tentang otak yang pengen Me share juga niy^^

FUN FACT about B.R.A.I.N

Kapasitas otak

Berapa kapasitas maksimal otak manusia? Kalo manusia bisa menciptakan komputer atau chip yang bisa memuat beribu2 atau berjuta2 giga, bagaimana dengan otak manusia sendiri? John von Naeumann (ilmuwan, matematikawan, insinyur, birokrat) asal Universitas Yale, pada 1956 telah memperkirakan kapasitas otak manusia adalah 35 exabyte (1 exa = 1000 peta = 1 juta tera = 1 milyar giga) o.O wow!! Kapasitas ini bisa di upgrade sesuai kemauan dan kemampuan manusianya.

Volume otak = 1350 cc

Otak terdiri dari 100juta sel saraf / neuron.

Kerja otak wanita

Kemampuan belajar wanita meningkat 2 pekan setelah menstruasi, yaitu saat kadar estrogen meningkat. Hal ini dikarenakan hormon estrogen membuat lebih antusias, kepercayaan diri meningkat, dan memberi sensasi menyenangkan.

Tertawa

Proses tertawa melibatkan 3 bagian otak:

  1. Bagian yang berpikir sebelum memahami suatu gurauan
  2. Bagian yang bergerak untuk memberitahu otot kita untuk melakukan sesuatu
  3. Area emosional yang menggugah rasa geli

Yang menarik adalah tertawa dapat menular. *funfact yang satu ini pernah dibuktikan di salah satu episode Exploration Human Body, variety show sains dari Super Junior*

Daya ingat

Ada beberapa memori yang dengan mudah kita ingat, namun gak jarang juga kita melupakan hal-hal penting. Melalui teknik pencitraan otak, ilmuwan menemukan adanya mekanisme yang bertanggungjawab pada penciptaan dan penyimpanan memori. Mereka menemukan hippocampus dan materi abu-abu otak yang berperan sebagai kotak memori. Tapi mengapa ada memori yang mudah diingat dan dilupakan, masih tetap jadi misteri.

Jam biologis

Otak juga memiliki  suprachiasmatic nucleus alias jam biologi. Bagian ini memprogram tubuh untuk mengikuti irama waktu 24 jam. Jam biologi juga menyesuaikan suhu tubuh, siklus bangun tidur, juga produksi hormon melatonin.

Hormon melatonin disebut juga hormon kegelapan karena diekskresi pada saat gelap (malam hari). Hormon ini berfungsi untuk mengatur jam tidur dan digunakan dalam pengobatan insomnia. Pada penderita autisme hormon ini ditemukan dalam jumlah besar.

jADI gIMANA…waktu efektif otak untuk bekerja? Secara garis besar:

Pagi, saat yang tepat untuk:

memberi info baru, menyusun jadwal, menghafal, membaca, mendengar

Sore:

menyusun dan mengintegrasi indo pada memori sebelumnya, kegiatan diskusi kelompok

sEKARANG dETAIL wAKTUNYA…singkatnya begini:

Pukul 09.00-11.00

Best for: untuk Mencari Ide
Pada waktu ini, hormon stres kortisol berada dalam kadar sedang. Hal ini akan sangat membantu untuk berpikir fokus. Menariknya, kondisi ini dialami oleh semua golongan umur.

Gunakan waktu ini untuk: mengerjakan tugas yang membutuhkan analisis dan konsentrasi, mengembangkan ide-ide baru, membuat presentasi, dan brainstorming mencari solusi tantangan besar atau kecil. Bagi yang mulai memasuki usia paruh baya, pikiran akan lebih jernih di pagi hari sehingga mulailah atur jadwal untuk berdiskusi masalah pekerjaan atau pribadi.
Pukul 11.00-14.00

Best for: Tugas Sulit
Saat ini, hormon tidur bernama melatonin di otak sedang menurun drastis. Menurunnya melatonin membuat Qt siap mengerjakan tugas-tugas.

Gunakan waktu ini untuk: mengerjakan tugas-tugas kantor, menjawab e-mail klien dan memberikan presentasi pada bos dan klien.

Pukul 14.00-15.00

Best for: Istirahat
Pada jam ini Qt bisa menjadi sangat tidak produktif, apalagi setelah makan siang. Penurunan suhu tubuh yang membantu menenangkan untuk tidur di malam hari akan juga terjadi pada jam ini. Selain itu, untuk mencerna makan siang, tubuh harus menarik darah dari otak ke perut, otomatis setelah makan siang, tubuh pun berharap bisa beristirahat sejenak untuk mencerna makanan tadi.

Gunakan waktu ini untuk: Menarik nafas, berdoa, peregangan, jalan cepat sejenak di sekitar kantor atau minum air putih. Cara-cara ini sangat baik untuk mengalirkan darah dari perut ke otak sehingga bisa mengurangi rasa kantuk.

FUNFACT! Informasi yang diserap otak bisa jadi membutuhkan waktu untuk dapat diserap, dipahami, dan diterapkan. Dr Hirome Shina dalam buku nya The Miracle of Enzyme bahwa bila pekerja diberikan waktu istirahat untuk tidur siang maka produktivitas kerja akan meningkat. Hal ini sejalan dengan penelitian yang diberikan oleh Rossi dan Nimmons (1991), produktivitas akan lebih meningkat ketika para pembelajar diberikan waktu istirahat beberapa kali.

Istirahat bagi otak juga memberi waktu untuk membuang memori2 yang tidak perlu.

Pukul 15.00-18.00

Best for: Kerja Sama
Menurut Paul Nussbaum Ph.D penulis buku Your Brain Health Lifestyle, antara pukul 3 siang sampai 6 sore, otak sudah mulai menunjukkan tanda kelelahan. Karena inilah, pikiran tidak setajam waktu-waktu sebelumnya.

Gunakan waktu ini untuk: brainstorming dengan rekan kerja atau rapat dengan tingkat ketegangan rendah. Jika sudah pulang kerja di akhir jam ini, gunakan waktu untuk menguatkan otak, misalnya dengan mengerjakan aktivitas berbeda dari pekerjaan, biasanya olahraga.
Pukul 18.00-22.00

Best for: Private time

Pulang kerja, pulang kuliah, capek, stress. Saatnya gunakan waktu untuk diri sendiri.

Gunakan waktu ini untuk: kumpul bersama teman2 atau keluarga, ngobrol bareng atau menikmati makan malam bersama. Tapi ingat, setelah jam 22.00 adalah saatnya otak beristirahat, jadi prioritaskan untuk tidur setelah jam ini ^^.

 

Gimana, gimana? Semoga bermanfaat!

Happy Reading! ^^

source:

http://clayaban.multiply.com/journal/item/150/Bekerja_Efektif_Seirama_Otak

http://postgraduateikaha.wordpress.com/2010/07/30/waktu-kerja-otak/

http://radenfuad.com/fakta-unik-tentang-otak-manusia-2010128.html

 

_*LoveMe.oNk*_

@HomeSweetHome


About this entry