[TUGAS]Analisis Sosial (Under Punishment)

hOLLA…!!!Lama niy gak nulis. Tapi giliran nulis lagi kenapa nulis buat tugas, yak? Wkwkwkw…

jADI cERITANYA…Me kmaren Sabtu ikut LDO (Latihan Dasar Organisasi) di kampus karena Me pengen masuk Farsigama (sejenis majalah kampus.Red). Dan karena Me kabur (baca: izin) dari sesi 3, sesi terakhir acara itu, Me dapet tugas bikin tulisan tentang materi sesi 3: Analisis Sosial. Biar gak berasa ngerjain tugas, Me post aja ‘hasil temuan’ Me disini. Ok ok?!?!?! v(^o^)v

ANALISIS SOSIAL

Pengertian Ansos

Analisis sosial merupakan usaha untuk menganalisis sesuatu keadaan atau masalah sosial secara objektif. Analisis sosial diarahkan untuk memperoleh gambaran lengkap mengenai situasi sosial dengan menelaah kaitan-kaitan histories, structural dan konsekuensi masalah. Analisis sosial akan mempelajari struktur sosial, mendalami fenomena-fenomena sosial, kaitan-kaitan aspek politik, ekonomi, budaya dan agama. Sehingga akan diketahui sejauh mana terjadi perubahan sosial, bagaimana institusi sosial yang menyebabkan masalah-masalah sosial, dan juga dampak sosial yang muncul akibat masalah sosial.

Fungsi

  • Memotret atau mengetahui masalah berikut akar masalah yang melatarbelakanginya
  • Mencari strategi perubahan social yang tepat dan kontekstual pada berbagai masalah yang berbeda.

Ruang Lingkup Ansos

Sebenarnya semua permasalahan sosial dapat dijadikan obyek analisis.

Secara umum objek sosial yang dapat di analisis antara lain:

  1. Masalah-masalah sosial: kemiskinan, pelacuran, pengangguran, kriminalitas
  2. Sistem sosial: tradisi, usaha kecil atau menengah, sistem pemerintahan, sistem pertanian
  3. Lembaga-lembaga sosial: sekolah layanan rumah sakit, lembaga pedesaan.
  4. Kebijakan publik seperti : dampak kebijakan BBM, dampak perlakuan sebuah UU.

Langkah-langkah Analisis Sosial

Proses analisis sosial melalui beberapa tahap, yaitu:

1.  Menentukan Obyek Analisis

Obyek analisis merupakan suatu masalah yang nantinya akan di analisis untuk kemudian dicari solusinya.

2. Mengumpulkan Data dan Penunjang Informasi

Untuk dapat menganalisis masalah secara utuh, maka perlu didukung dengan data dan informasi penunjang yang lengkap dan relevan, baik melalui dokumen media massa, kegiatan observasi maupun investigasi langsung dilapangan. Re-cek data atau informasi mutlak dilakukan untuk menguji validitas data.

3. Identifikasi dan Analisis Masalah

Pada tahap ini obyek dianalisis berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Analisis juga meliputi mencari keterkaitan masalah dengan aspek2 yang terkait, seperti ekonomi, politik, budaya, dan agama.

4. Mengembangkan presepsi

Setelah di identifikasi berbagai aspek yang mempengaruhi atau terlibat dalam masalah, selanjutnya dikembangkan presepsi atas masalah sesuai cara pandang yang objektif. pada tahap ini akan muncul beberapa kemungkinan implikasi konsekuensi dari objek masalah, serta pengembangan beberapa alternative sebagai kerangka tindak lanjut.

5. Menarik kesimpulan

Pada tahap ini telah diperoleh kesimpulan tentang; akar masalah, pihak mana saja yang terlibat, pihak yang diuntungkan dan dirugikan, akibat yang dimunculkan secara politik, sosial dan ekonomi serta paradigma tindakan yang bisa dilakukan untuk proses perubahan sosial.


kAYAKNYA…
cukup segitu aja kali ya… Dah malem niy, Me gak tau juga musti nulis apa2. Dan karena kepepet ujung2 ada yang copy-paste. Heheheh.,, *tapi iniy rahasia yak

_*LoveMe.oNk*_

@swk64jgj


About this entry