[JOGJA] Benteng Vredeburg & Taman Sari: Liburan Murah, Asyik Sekalee….


Sebenarnya sih niy jalan2nya dah lama. Kejadiannya tanggal 26Mei kemaren. Tapi sempat ng-post-nya baru sekarang. Dan kebetulan hari iniy Me lagi mood belajar ngedit photo (itu tuw hasilnya dah nangkring di atas), pengen tau ngutak-atik program Photoscape bisa apa aja. Jujur aja Me sebenarnya males banget ngedit photo karena dari dulu zaman SMA–waktu pelajaran komputer–Me gak terlalu bisa bagian iniy. Padahal Me tertarik sih buat bisa ngedit photo. Dan hari iniy, dengan kemampuan seadanya..yah, bolehlah jadinya. Seenggaknya hasilnya lumayan buat Me nikmati sendiri. Ahahahg.

Di Benteng Vredeburg bisa ngapain ajah?

Ummm… Selain photo2 (pastinya…), bisa belajar sejarah. Disana banyak banget biorama2 yang menggambarkan suasana peristiwa bersejarah. Sayang, Me gak berani masuk ke tempat2 biorama itu. Merinding bo’! ^ ^ Hohohoh.. Me emang penakut sih. Habisnya, bangunan Benteng Vredeburg iniy kan peninggalan Belanda dulu jadi suasananya agak2 horor gituw. Belum lagi sepanjang waktu lagu2 perjuangan di putar disana. Hwaa, suasananya makin gimanaa gitu, kan? Tapi kayaknya itu cuma perasaan Me aja sih. Kalo pada minat buat tau peristiwa sejarah dan gambarannya, masuk aja ke biorama2 itu. Hehehehe… Gak nakutin kok. Cuma rada gelap.

Oiya, sebelum masuk jangan lupa beli tiket. Cuma Rp2000,00 dah bisa masuk Museum Benteng Vredeburg. Asyik, kan?

Murah banget gak sih, harga segitu? Me harap banyak anak Indonesia yang tertarik buat ke museum. Walopun tujuan utamanya adalah untuk photo2 (just like Me), seenggaknya ada minat untuk datang dan kalo dah disana pasti mau gak mau lihat2 apa aja yang ada disana kan?

Sayang Museum Benteng Vredeburg ini tutup kalo hari Minggu dan hari besar (tanggal merah). Me juga gak tau kenapa. Padahal itu waktu yang pas buat ajak keluarga rekreasi bersama. Me pernah waktu itu kesana pas tanggal merah karena susah cari waktu kalo gak pas libur. Eh, dah sampe sana terpampang tulisan TUTUP. Sedih banget gak sih?

Habis dari Benteng Vredeburg, kami langsung meluncur ke Taman Sari. Yiipppie!!! Tiket masuknya Rp3000,00 dan ongkos parkir Rp2000,00 bayar pas mo pulang ajah.. Kekeke~

Hwaw, iniy tempat emang bagus banget. Maklumlah peninggalan keraton Jogja. Jadi, ceritanya ini adalah tempat pemandian istri dan anak2 Sultan Jogja. Jadi jangan heran kalo tempatnya bagus. Tempat iniy dah gak dipake lagi kayaknya, secara dah jadi tempat wisata kan? Heheh… Bakal heboh kan kalo tiap hari ada istri Sultan yang mandi disini. Bule2 jadi makin doyan deh dateng ke tempat iniy. Dah tempatnya bagus, eh dapet tontonan gratis liat cewek Indonesia mandi. Hwohoho,, jangan donk. Gak boleh punya pikiran mesum disini. Tempat yang satu iniy, seperti peninggalan kraton laennya yang kental dengan suasana kejawen-nya, tempat iniy juga gak kalah mistis (at least for me, hehehe). Kalo kata Pak Guide (pemandu wisata di Taman Sari) ada satu ruangan di komplek Taman Sari iniy yang dulunya jadi jalan pintas Sultan untuk menemui Nyi Roro Kidul. Sayang, waktu foto2 iniy diambil a.k.a waktu Me kesana pertama kali cuaca tiba2 hujan, jadi gak sempat kesana. Waktu yang kedua kalinya kesana, Me sempat foto sekali di tempat itu, tapi pake kamera temen dan belom sempat minta softcopy. Jadi, sayang banget Me gak bisa bagi2 gambarnya. TT.TT

Emang bagus banget dah Taman Sari. Bangunannya dominan putih, terus air dalam kolam pemandiannya bening banget warna biru. Keren banget kan? Walaupun dah lama gak difungsikan sebagaimana zaman dulu, kolam2 dan bangunan2nya masih terjaga. Menurut informasi gratis dari Pak Guide (yg gak sengaja ketemu Me n temen2 waktu berteduh), karena keindahan tempatnya banyak pasangan yang melakukan foto pra-wed disini. Dan gak jarang juga tempat iniy dijadikan tempat syuting FTV. Hwohoho… Aaah, jangan orang Indonesia yang takjub ma bagusnya tempat iniy, orang bule banyak juga yang datang kemari. Cool~

Kapan2 mau ah kesana lagi. Kayaknya mo dateng berapa kali pun gak bakal bosen. Me pengen ambil foto lebih banyak. Waktu itu gak sempat ambil foto di masjid bawah tanah. Hwa, penasaran kan tempat apa itu? Tempatnya keren dah pokoknya. Ntar deh, kalo ada kesempata kesena lagi Me tunjukin gimana tempatnya. Ihihihg..

[more foto in the slideshow]

This slideshow requires JavaScript.

Asyiknya jalan2… Tau gak, datang ke dua tempat iniy bisa jadi liburan seru yg murah. Makanya buat yg bingung mo liburan dimana, dateng aja kesiniy. Daripada cuma nonton di bioskop ato jalan2 ke mal yang pastinya ngeluarin duit lebih mahal dah berkali2 lipat dari hari tiket masuk Benteng Vredeburg dan Taman Sari.  Liburan di tempat2 sejarah bisa jadi menyenangkan. Apalagi kalo niatnya cuma foto2. Lhow?? Hweheheh… Eh, tapi jangan salah lhow. Awalnya emang niat foto2 doank, tapi kalo dah dateng disana pasti mau gak mau jadi belajar juga tentang sejarah tempat itu. Hwohoho… Jadi, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, kan?

Mulai sekarang sudah Me tetapkan, Me pengen keliling Indonesia. Dan Me akan ceritain tempat2 yang sudah Me kunjungin. ^ ^

Semoga someday Me juga berkesempatan ke Korea juga… ahahahg  d(^o^)b

_*LoveMe.oNk*_


About this entry