=[BooK]= 24 Wajah Billy : Ketika 24 Orang Hidup Dalam Satu Tubuh

cAN yOU iMAGINE tHAT??? Dalam tubuhmu ada 24 orang. Setiap orang memiliki kelebihan masing2. Setiap orang punya pikirannya masing2. Tidak semua orang dalam tubuhmu saling mengenal, sehingga tiap kali satu orang masuk kemudian menghilang dan digantikan oleh orang yang lain, dia merasa kehilangan waktu. Itu terjadi pada Billy Milligan.

Lihat cover bukunya aja dah agak horor ya? Tapi niy bukan buku horor kok. Yakin deh, ma Me. Me juga gak bakal baca kalo niy isinya horor.

mE gAK sENGAJA bANGET…beli buku ini. Awalnya tertarik dengan buku Daniel Keyes yang lain, judulnya ‘The Fifth Sally‘. Buku yang satu itu menceritakan tentang Sally yang menyadari bahwa dirinya berubah setiap kali ada masalah, dia sadar kalo dia punya 4 kepribadian. Lalu dia pergi ke psikiater untuk menyatukan 4 kepribadian itu menjadi dirinya yang seutuhnya yang disebut ‘Sally ke-lima’. Me penasaran dengan cara penyatuan kepribadian itu. Tapi setiap kali Me berniat membeli buku itu, Me selalu gak menemukan buku itu. Eh, malah lihat buku ini. Dari segi cerita sepertinya gak jauh beda, masih tentang kepribadian majemuk.

kALO tANYA pENDAPAT mE…Me akan bilang, ‘BAGUS BANGET!’. Mungkin dari segi ilmu, lebih cocok dibaca ma anak psikologi dari pada anak farmasi. Heheh.. Tapi ini buku emang keren banget. Me belum selesai baca sih sampe sekarang sejak Me beli buku itu Januari lalu, tapi Me gak bisa nunggu selesai baca dulu baru recommend buku ini ke semuanya. Oiya, niy based on true story, jadi bukan sekedar cerita. Buku ini dibuat Daniel Keyes yang seorang psikolog. Dia benar2 mewawancara Billy Milligan untuk menulis buku ini. Asal tau aja, niy buku terbitan pertamanya tahun 1982 di New York sana.

kISAH bILLY jADI ‘HITS’…sejak kasus perkosaan yang dia lakukan terhadap 3 wanita. Namun pihak pembelanya menyadari ada yang aneh dari sikap Billy karena  setiap kali dijenguk sikap Billy berubah2, kadang seperti anak kecil yang ketakutan, kadang logatnya menjadi seperti orang Inggris yang berwibawa, begitu seterusnya. Awalnya Billy dianggap gila karena sikapnya itu. Tapi kemudian diketahui kalau Billy memiliki kepribadian majemuk. Akhirnya dia dibebaskan karena kepribadian majemuk iniy dan menjadi orang pertama yang dibebaskan atas dasar itu. Setelah diketahui punya kepribadian majemuk, Billy ditangani oleh psikolog yg sebelumnya juga pernah menangani kasus kepribadian majemuk. Lalu, someday, dia ingin kisahnya dibukukan. Jadilah, Daniel Keyes dipilih untuk menuliskan buku tentang dirinya.

yANG kEREN dARI bUKU iNI aDALAH…‘Billy’ tidak suka menyebut kalo dia berkepribadian majemuk. Dia menganggap masing2 kepribadian dalam dirinya adalah orang seutuhnya. Dan memang kalo baca buku itu, Me sama sekali gak menyangka kalo dialog antar tokoh terkadang terjadi pada dua orang dalam satu tubuh. Me cuma gak bisa ngebayangin aja gitu, ada orang yang ‘ngobrol’ dalam diri kita. Dua orang atau beberapa orang dengan kepribadian daan keahlian yang sama sekali berbeda. Bener2 KEREN!! Dan tiap tokoh dalam dirinya, semuanya, benar2 punya keahlian masing2. Ada Arthur dengan logat Inggrisnya yang tertarik dengan bidang kedokteran, Ragen yang seorang berkebangsaan Rusia yang sangat ahli menggunakan senjata, Tommy yang ahli meloloskan diri-dia bisa merubah posisi sendi2nya sehingga bisa lolos dari segala macam jenis ikatan-dan ahli kunci dan elektronik. , juga ada Allen yang pinter bicara, dan banyak tokoh lain. Me bener2 amaze sama keahlian mereka masing karena keahliannya benar2 gak main2. Me gak bisa membayangkan betapa pintarnya Billy kalo semua tokoh akhinya melebur menjadi satu dalam dirinya.

yOU kNOW wHAT…?Me jadi pengen deh punya kepribadian ganda. I mean, enak kali ya kalo jiwa kita terbagi menjadi beberapa bagian. Jadi, memory-nya bisa dibagi2, ada yang bagian ingat masalah kuliah, ada yang bagian urusan sosial, ada yang bagian urusan pekerjaan. Jadi pusingnya bisa bagi2. Kalo lagi capek, keluarin tokoh yang satu lagi, kalo males mikir tinggal panggil tokoh yang paling pinter. Ahahag.

Tapi agak serem juga ah. Karena sebenarnya kepribadian majemuk itu muncul karena pecahnya kepribadian asli Qt. Makanya sifat2 ‘orang’ pada kepribadian majemuk itu biasanya ekstrem, kalo baik baiiiik banget, kalo jahat jahaaat beneran. Makanya jadi serem.

mE bOLEH dEH kASIH…4 bintang. Habisnya niy buku bener2 bisa bikin Me terbawa sekaligus gak percaya kalo niy bener2 kisah nyata.

Oiya, niy buku kayaknya pernah difilmkan juga, tapi Me belum dapet link untuk liat pelm itu, secara niy pelm kayaknya lumayan jadul. Buku-nya aja aslinya terbitan tahun ’87-an….hhag..


_*LoveMe.oNk*_

@swk64jgj


About this entry