=:Makanan Otak:=

yUUHHUUU….Dah lama niy pengen posting tentang ini… Beberapa waktu yang lalu, dah lama sih sebenarnya, Me pernah baca entah di koran ato di internet Me lupa, tentang makanan otak iniy.

jADI, mENURUT aHLI nUTRISI dARI dETROIT…Otak adalah organ yang sangat kelaparan. Otak juga merupakan organ yang pertama menyerap nutrisi makanan yang kita konsumsi. Pemilihan makanan tentunya akan sangat membantu meningkatkan pertumbuhan, memperbaiki fungsi otak, memori, dan konsentrasi. Oleh karena itu, konsumsi junk-food itu selain gak baik untuk kesehatan juga gak baik buat otak karena dia tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk otak yang selalu kelaparan. Nah, iniy niy makanya penting banget niy buat para pelajar supaya kerja otaknya maksimal. Terutama anak kost niy, jangan asal makan aja, mentang2 duit mepet.

aDA bANYAK jENIS mAKANAN…yang dapat membantu memaksimalkan kerja otak. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Makanan yang kaya hidrat arang

Makanan2 ini akan menyebabkan otak melepaskan serotonin, yaitu zat kimia yang akan meningkatkan indra rasa nyaman dan ketenangan.

Contoh: nasi, pasta, kentang (karbohidrat)

Makanan yang kaya protein

Makanan ini membuat kita selalu siaga, penuh perhatian, energetik, dan berpikir tajam.

Contoh: kerang, tiran, ikan laut, kalkun

Makanan yang kaya Omega-3 (sejenis lemak yang ada di ikan)

Bukti-bukti menunjukkan bahwa omega-3 bisa mempertajam ingatan dan memerangi penyakit Alzheimer

Contoh: ikan, suplemen minyak ikan

Vitamin D

Vitamin D membuat kita lebih antusias, terinspirasi, dan waspada.

Contoh: lemak, mentega, telur, hati , tuna, sarden

iTU jENIS2 mAKANAN yANG bAEK bUAT otAK…Tapi karena Me lebih interest ke contoh2 makanan yang baek buat otak kita, niy Me kasih list-nya. Mungkin beberapa di antaranya adalah makanan yang Qt suka ato juga Qt benci, beberapa mungkin rada ‘butuh duit’ untuk mendapatkannya, tapi gak sedikit juga yang biasa Qt makan sehari2. Ini dia makanan2 yang berkhasiat meningkatkan fungsi otak:

1. Salmon

Niy ikan dah terkenal banget dengan omega-3-nya. Ikan berlemak seperti salmon memang sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Kedua komponen ini, menurut pakar nutrisi dari Los Angeles, Andrea Giancoli MPH, sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

FYI, lemak merupakan komponen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang berperan penting dalam fungsi sel-sel otak. Selain Salmon, ikan tuna juga punya kandungan omega-3 yang tinggi, begitu juga dengan ikan laut lain. Makanya sering2 makan ikan juga, jangan cuma ayam dan daging..

2. Telur
 

Kandungan: protein, seng, vit A (untuk penglihatan), vit D (untuk pertumbuhan tulang), vit E (untuk mencegah penyakit), vit B 12 (untuk membentuk sel darah merah).

Selain itu, kuning telurnya mengandung lecithin yang dianggap sebagai makanan otak, zat besi yang baik untuk daya ingat dan konsentrasi sehingga penting bagi fungsi otak, juga kholin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat otak.

3. Kacang2an
  

Kacang merupakan makanan kaya vit E, antioksidan kuat yang berfungsi melindungi membran saraf. Selain itu kandungan thiamin yang terdapat di kacang berfungsi membantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa sebagai energi.

4. Sereal (oatmeal)/ Nasi
 

Sangat baik dikonsumsi di pagi hari karena menyediakan energi dan bahan bakar otak untuk beraktifitas. Otak membutuhkan glukosa yang konstan dan sereal, gandum maupun nasi mampu memenuhi kebutuhan itu. Sereal dan nasi juga mengandung vit B yang berfungsi memberi nutrisi sisem saraf.

5. Sayuran Berwarna

Sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam, paprika, dan sayuran berwarna pekat lainnya merupakan sumber antioksidan terbaik. Antioksidan bermanfaat menjada sel-sel otak agar tetap kuat dan sehat.

6. Susu & Yoghurt
 

Siapa yang gak suka susu, hayo? Susu dan produk susuk kaya protein dan vit B. Kedua komponen ini sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neuritransmitter, dan enzim2. 

Susu kedelai juga baik karena kandungan estrogen atau phytoestrogen dalam kedelai bisa meningkatkan memori dan kemampuan belajar pada wanita. Kedelai sendiri kaya akan protein, karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin & mineral.

7. Daging rendah lemak

Daging mengandung zat besi dan mineral yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap berenergi dan fokus. Seng dalam daging juga sangat membantu daya ingat.

8. Blueberry

Antioksidan, khususnya antosianin, yang terkandung dalam buah ini dipercaya bermanfaat meningkatkan kemampuan mengingat dan mencegah penyakit Alzheimer. Penelitian menyebutkan blueberry dapat meningkatkan memori, koordinasi, dan keseimbangan pada hewan uji (tikus). Group peneliti dari Neuroscience Laboratory – Tuft University juga menyebutkan, diet blueberry juga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menghasilkan heat shock protein 70 (HSP70), yakni protein yang merespon stress di otak.

Kalo Me sih, Blueberry gak pernah makan, liat langsung aja gak pernah, tapi untungnya STRAWBERRY, plum dan redcurrants juga dipercaya memiliki manfaat yang hampir sama.

9. Alpukat

Buah ini mengandung omega 3-6-9, asam lemak, dan vit E yang penting untuk kesehatan selaput otak. Wah, makin suka niy ma jus alpukat.. hhag

10. Pisang

Me dulu gak terlalu suka buah yang satu ini. Tapi ternyata kandungan glukosa pada pisang mampu memberukan cukup energi untuk otak. Pasukan energi pisang lebih lambat ketimbang gula pasir atau sirup, tapi lebih cepat dibanding nasi, biskuit, dan roti.

Pisang juga mengandung vit B6 yang berfungsi sebagai koenzim untuk metabolisme protein serotonin yang diyakini sebagai nerotransmitter efektif untuk fungsi otak.

11. Biji Labu

Me baru tau kalo ternyata biji labu baik juga untuk otak. Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada biji labu sangat bermanfaat bagi otak. Paling enak kalo makan biji labu yang direbus n dikasih sedikit garam, rasanya kayak kwaci gitu kan, tapi lebih gampang makannya karena ukurannya lebih gede..^^

12. Paprika

Sumpah Me kaget banget menemukan buah yang satu ini muncul di sini. Pasokan zat besinya tinggi, juga bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Hwaaa,,

13. Ginkgo Biloba

Ekstrak daun Ginkgo biloba dipercaya mampu mendobrak kemacetan sirkulasi darah ke otak sehingga otak tidak kekurangan oksigen.

14. Kopi

Niy buat pecinta kopi dan yang suka begadang, kafein pada kopi ternyata mampu merangsang pertumbuhan sel2 syaraf baru, meningkatkan memori dan kemampuan berkonsentrasi. Tapi ingat, kopi lebih dari 2 cangkir dapat meningkatkan hormon kortisol penyebab stress.

15. COKLAT

Iniy dia yang Me suka…. Seneng deh waktu tau ternyata coklat mengandung theobromine, phenethylamine, dan kaffeine yang bersifat meningkatkan tingkat kesadaran dan kemampuan konsentrasi. Hasil penelitian juga menunjukkan kalo dengan mengonsumsi coklat dapat memberi efek stimulasi yang akan meningkatkan performa mental. Makanya sekarang gak usah takut2 makan coklat. Karena selain itu, coklat juga mengandung antioksidan yang mencegah penuaan termasuk kepikunan.

mE dULU…adalah orang yang suka pilih2 makanan, tapi kalo tau makanan itu ternyata punya banyak manfaat yang baik buat tubuh, apalagi otak, sekarang Me mikir2 deh kalo pilih2 makanan. Makan bukan cuma untuk isi perut ato memuaskan lidah, tapi juga untuk kelangsungan hidup. Tubuh butuh cukup gizi untuk tetap sehat.

Makan untuk hidup

bukan

Hidup untuk makan

_*LoveMe.oNk*_

@swk64jgj

source:

http://clubbing.kapanlagi.com/

http://gayahidupsehat.org/makanan-untuk-mencerdaskan-otak-anak-kita/

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1850838-makanan-perangsang-daya-kerja-otak/

http://www.f-buzz.com/2008/08/03/coklat-dapat-tingkatkan-daya-fungsi-otak/


About this entry