^.Don’t dO.^

tiBA2 tERPIKIR uNTUK mENULISKAN iNIY,,,

Belakangan ini Me banyak menemukan bahwa sifat manusia itu bermacam2. Setelah hampir satu tahun masuk kuliah, Me mulai mengenal karakter orang2 yang dekat ma Me. Ada yang dikit2 marah, ada yang dikit2 ngeluh, ada yang kalo ngomong rada2 sinis sok tau gituw, ada yang easy going (di ajak kemana aja mau). Yah, pokoknya macem2 lah.

mENGUTIP kATA2 dOSEN fARMASI fISIK…Sifat dasar manusia itu ada 3:

1. Suka mengeluh

2. Gak sabaran

3. Suka membantah

mELIHAT sIFAT2 tEMAN2 mE…yang beraneka macam itu, ada yang positif dan negatif, kadang Me berpikir “Ah, jangan2 aku juga melakukan hal itu”,”Hwah, anak iniy baik banget”, dll. Yang pasti semua karakter mereka itu membuat Me jadi introspeksi. Terutama kalo ada sikap mereka yang bikin me gak sreg ato gak berkenan di hati, Me pasti akan bertanya ke diri Me apakah Me juga pernah melakukan hal yang gak sreg di hati orang lain.

nAH, mAKA dARI iTU..,,kali ini Me berniat menuliskan sifat2 apa aja yang Me pengin gak Me lakukan karena Me suka melihat orang lain melakukan itu atau Me gak pengin orang lain melakukan hal itu terhadap Me.

Berikut daftarnya:

1. Suka mengeluh

Me suka sebel kalo melihat orang yang suka mengeluh. Kesannya gak peka lingkungan. Masih banyak orang yang sebenarnya lebih parah kondisinya dari pada kita, ato bisa aja orang tempat kita mengeluh itu punya masalah yang lebih berat. Gak usah lah pamer masalah, toh semua orang gak lepas dari masalah. Kesannya kalo mengeluh itu kurang bersyukur. Me gak mau kayak gitu. Mengeluh gak menyelesaikan masalah, malah bikin semakin keliatan berat.

What about Me: Me akui, Me termasuk orang yang suka mengeluh. Tapi Me berniat mengubah itu kok.

Solusi: Biar gak mengeluh, lebih baik diam dan fokuskan diri, pikirkan cara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Kalo solusi adalah bertindak, segera lakukan dan jangan menunda.

2. Melimpahkan satu pekerjaan ke orang lain padahal Me bisa melakukannya

Sebel kan kalo ada orang nyuruh2 kita, padahal kita tau tuw orang bisa ngelakuin sendiri, tapi karena males jadi nyuruh kita. Uuuurrrgh. Sumpah,.. *gak bisa ngomong saking keselnya

What about Me: Me akui Me juga kayak gitu, tapi di rumah doank ma pembokat. hahahg,, *jadi merasa bersalah dikit. Kalo ke temen,,,*mikir* mungkin sering. Hhee… Me sadar sih, kalo kadang Me bossy. Tapi Me dah menyadari sifat ini sejak lama dan sekarang Me mulai berusaha mengendalikan itu karena, sumpah, Me bener2 gak suka ma sikap yang satu ini.

Solusi: Me berusaha untuk melakukan apa yang Me bisa tanpa harus menunggu orang lain yang melakukan. Nyuruh orang tuw kadang bikin sakit hati juga c kalo ternyata hasil kerja mereka gak sesuai harapan. Nah, daripada gitu mending dikerjain sendiri kan? ^.^

3. Menyusahkan orang lain

Me gak pengin terpenuhinya keinginan Me membuat orang lain harus menderita. Ini benar2 bertentangan dengan hari nurani Me *lebay mode:on. Semuanya harus senang, win win solution, gak boleh ada pihak yang dirugikan.

What about Me: Gak bisa dipungkiri kita butuh bantuan orang lain terutama saat terdesak. Beberapa kali pernah lah, Me nyusahin. Tapi Me berusaha untuk tidak terus menerus menysahkan orang lain. Terutama soal kendaraan (mencari tebengan). kekeke…

Solusi: Harus mencari cara untuk memudahkan kesulitan yg dihadapi. Misal, mo ke suatu tempat tapi gak ada kendaraan, mungkin kita emang bisa minta tolong orang untuk mengantar kita. Tapi gimana kalo orang itu sibuk? Cari solusi lain selain minta antar orang. Bisa naik kendaraan umum, ato cari alternatif tempat yang mudah dijangkau.

4. Memaksakan kehendak 

Lagi pengin sesuatu tapi orang lain kurang setuju ma itu, tapi kita keukeuh begitu. Ato tiap kali mau apa, orang lain juga harus mau. Aaargh, Who are you in this world? Sumpah, Me juga kesel ma orang yang kayak begini. Emang dia pikir dia sapa? Orang penting? Mang kalo kita gak mau ngelakuin yang di pengin, terus kenapa? Kiamat? *lebay lagi

What about Me: Me pikir, Me selalu berusaha untuk memikirkan setiap apa yang akan Me lakukan. Me pikir masak2 kalo Me begini bagaimana imbasnya ke orang lain, dll. Me berusaha untuk mencari celah dimana apa yang orang lain inginkan bisa klop juga ma keinginan Me, maksudnya Me selalu berusaha mengambil sisi positifnya biar Me gak kecewa dan bisa menuruti juga maunya mereka.

Solusi: Me selalu berusaha untuk menunjukkan pertimbangan Me setiap kali Me menyarankan sesuatu, jadi mereka bisa tau apa yang Me pikirkan, bukan berpikir bahwa Me memaksakan kehendak Me sendiri. Dan, satu yang penting, mendengarkan pendapat orang lain juga, jadi bisa diambil keputusan yang sama2 baik untuk kedua belah pihak.

kAYAKNYA ITU aJA dULU…Baru kepikiran segitu aja.

iNTINYA…I don’t wanna be selfish, kita gak hidup sendiri di dunia ini, untuk itu butuh sikap toleransi antara kedua belah pihak supaya tercipta suasana yang menyenangkan untuk hidup saling berdampingan.

Me harap Me bisa menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain.

Me harap, kalo ada yang baca posting-an ini, juga bisa jadi bahan introspeksi bersama.

Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, Mulai saat ini..

Ahahag, AA’ Gym banget…..

Wassalam

_*LoveMe.oNK*_

@swk64jgj


About this entry