=:KLEPTOMANIA:=

sEBENARNYA dAH lAMA pENGIN nULIS tENTANG kLEPTOMANIA…Tapi gak sempat2 dan juga Me lebih excited mbahas apa yang Me suka, seperti pelm2 yang baru Me tonton… Ahahahg,, padahal niatnya mbuat blog tuw untuk menambah wawasan, wawasan Me sendiri dan, syukur2, orang lain. Niy malah lebih banyak mbahas review pelm. Ckckcck,,… Ya sudah, akhirnya penasaran lagi ma penyakit yang satu ini.

sETIAP aPA yANG mE tULIS dISINI…pasti punya alasan kenapa itu Me bahas. Kalo soal kleptomania iniy c, alasan Me pengin tau aja gimana bisa seseorang ngambil barang orang lain tanpa sadar dan menjadi penyakit. Apa sih sebenarnya yang terjadi pada mereka? Karena seringkali Qt berpikiran negatif ma orang yang dah ‘mencuri’. Padahal belum tentu dia mencuri itu karena dia memang mau mencuri, bisa aja dia sakit klepto. Dan satu hal yang mungkin gak banyak yang tahu, kalo yang namanya mencuri dan kleptomania itu beda. Kleptomania lebih ke penyakit jiwa, kalo mencuri itu baru kejahatan. Tapi ada alasan lagi dibalik keingintahuan Me itu, yaitu ada seorang kerabat dekat Me yang suka ngambil barang tapi kalo ditanya dia gak mau ngaku, bahkan sampe sumpah2 segala. Padahal semua bukti ada kalo dia yang ambil. Me pikir bisa jadi dia kena kleptomania… Maka dari itu Me jadi pengin tau deh tentang hal itu.

aPA yANG sUDAH mE dAPAT??? Me cari tau tentang kleptomania cuma dari internet doank, jd yang apa yang Me tulis ini mungkin cuma seklumit aja. Tapi lumayanlah buat nambah wawasan. Mulai dari pengertian Kleptomania dulu ya, setelah browsing dan buka ini-itu, intinya

Kleptomania (bahasa Yunani: kleptein = mencuri, mania) adalah penyakit jiwa dimana penderitanya tidak dapat mengontrol dorongan untuk mengambil barang milik orang lain.

Kleptos (penderita kleptomania) mengambil barang hanya demi kepuasan mereka semata, bukan karena membutuhkan barang tsb. Kleptos biasanya merasakan rasa tegang subjektif sebelum mencuri dan merasakan kelegaan atau kenikmatan setelah mereka melakukan tindakan mengambil barang tersebut. Dan perlu dicatat bahwa mereka tidak dapat mengendalikan apa yang mereka lakukan. Jadi tidak bisa disamakan dengan pencuri. Bahkan, kleptos bisa mengembalikan barang yang sudah dia ambil ke tempatnya semula.

FUN FACT!!! Penderita kleptomania kebanyakan adalah wanita. Kenapa ya? Me gak dapet penjelasan tentang itu. Tapi kalo Me pribadi sih, berpikir kalo itu bisa jadi karena jumlah wanita di dunia ini kan didominasi cewek, jadi wajar kalo penderitanya kebanyakan cewek. Dan lagi, cewek itu emang lebih laper mata sih, gak kuat liat barang bagus.. Hhehehe. Tapi niy cuma pendapat pribadi sih, gak ada penjelasan ilmiahnya, walopun kalo dipikir2 masuk akal juga. Ahahahg..

gEJALA kLEPTOMANIA…Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders- DSM IV-TR (text revision) terbitan American Psychiatric Association (Edisi ke IV, 2000):

1. Pengulangan mencuri benda-benda yang tidak dibutuhkan oleh individu yang bersangkutan atau kadang benda-benda itu diberikan untuk orang lain. Benda-benda yang diambil adalah benda-benda yang tidak mempunyai nilai, tidak berharga.
2. Peningkatan dorongan secara terus-menerus sebelum mencuri
3. Timbul rasa senang ketika mencuri berhasil dilakukan
4. Proses mencuri tersebut tidak dimotivasi oleh rasa marah atau keinginan untuk balas dendam dan tidak disebabkan oleh delusi dan halusinasi
5. Perilaku tersebut tidak disebabkan oleh conduct disorder, manic episode pada gangguan bipolar, atau gangguan kepribadian antisosial.

pENYEBAB kLEPTOMANIA…Ini niy yang mbuat Me penasaran. Sayangnya, gak banyak yang mengulas hal ini. Tapi ada satu artikel terbitan garutkab.go.id yang membahas soal kleptomania dan dalam artikel itu disebutkan kalo, selain faktor genetik kebanyakan kleptos adalah seseorang yang mengalami ADHD (Attention Deficit Hyperactief Disorder) atau sebaliknya ADD (Attention Deficit Disorder). Gampangnya, mereka adalah orang yang menginginkan perhatian dari orang lain dan berpikir mencuri adalah salah satu untuk menarik perhatian. Nah, yang gawat adalah mereka akan semakin ketagihan melakukan tindakan pengambilan barang ini (Me gak bisa nyebut ini sebagai mencuri) terutama setelah tertangkap basah karena menganggapnya sebagai sebuah keberhasilan menarik perhatian orang lain. Penderita kleptomania biasanya juga menderita gangguan jiwa lain seperti kelainan emosi, bulimia nervosa (gangguan pola makan, dimana penderitanya makan terus menerus), atau paranoid. Jadi intinya, pemicu kleptomania itu lebih ke masalah emosi dan pengalaman2 tidak menyenangkan si penderita. Dan penyebab lainnya adalah adanya ketidak seimbangan cairan kimia dalam otak, khususnya serotonin.

pENGOBATAN...dapat dilakukan dengan memberi obat2 antidepresan seperti prozac, paxil, atau zoloft. Tapi, kleptomania itu juga bisa muncul akibat obat2 itu. Jadi, mungkin lebih aman kalo pengobatan yang dilakukan lebih ke psikis penderita. Peran orang sekeliling sangat penting dalam mengubah kebiasaan kleptos. Karena lingkungan keluarga juga bisa jadi penyebab kleptomania. Pengobatan secara psikotheraphy dengan orientasi pemahaman memerlukan waktu 2-3 tahun. Meditasi juga salah satu pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyeimbangkan fungsi sistem dalam tubuh.

sEGITU aJA yANG bISA mE uNGKAP…

Semoga bisa bermanfaat buat yang baca, walopun niy infonya gak mendalam. Kalo mo lebih detil, coba googling aja. Oke2…Gak banyak sih yang mbahas tentang ini. Mungkin banyak, tapi isinya kebanyakan seragam. Yah, setidaknya ini ringkasan dari itu semua.

Aaah,,,Senangnya menambah ilmu….

_*LoveMe.oNk*_

@swk64jgj


About this entry