[MOVIE] Alice In Wonderland:

hWAAA…akhirnya Me nonton juga pelm iniy…*ahhag, rada lebay tuw. Sebenarnya niy bisa dibilang nonton dalam rangka balas dendam karena waktu itu, Jumat 130310, Me gak bisa ikut nonton ma temen2 kampus buat nonton bareng, gara2nya MyMom giy dateng ke Jogja jadi gak enak dong ninggalinnya… Selain itu Me juga lagi stres gara2 laporan praktikum yang menumpuk. Dan, finally, malam ini Me kesampean nonton juga…*terharu. Ini niy tiket nontonnya kalo Mo liat… Tapi niy tiket jadi korban kekerasan Mbak-Penjaga-Pintu-Bioskop, judul pelm-nya agak kepotong gituw…

tiket-alice-2

bukti kalo Me beneran nonton *hha

mULAI dEH,…langsung saja Me bahas tentang pelm-nya. Here we go..

Tittle: Alice In Wonderland

Cast: Mia Wasikowska (Alice), Johnny Depp (The Mad Hatter), Helena Bonham Carter (Red Queen), Anne Hathaway (White Queen)

Genre: Fantasi, Family, Adventure, Comedy, All Audiences

Release Date: March, 4th 2010 (Indonesia)

Comment:

kOCAK bANGET…Me suka ma pelm iniy. Apa yang bikin Me suka? Dari segi cerita, Me tahu atau setidaknya pernah denger tentang kisah Alice In Wonderland, tapi cuma sekedar tau aja. Me gak pernah tau gimana jalan ceritanya, gimana dia bisa ke Wonderland, atau kenapa dia kesana. Hehehe,. kesannya katro banget gak c? Kayaknya kisah Alice niy terkenal banget, soalnya. Me aja yang gak tau apa2. Maka dari itu, yang Me suka dari pelm ini bukan karena ceritanya. Walaupun Me amazed juga sama si Alice yang penuh jiwa petualang. Tapi yang membuat Me suka, lebih ke segi komedi n visual-nya. Sekarang sepertinya lagi zaman-nya full color, nah begitu juga pelm ini. Warna2 yang disajikan dalam pelm ini terlihat tegas (sebenarnya Me lebih suka bilang warnanya sedikit gelap), kayak komik2 gitu, kesannya seperti lukisan. Bagus deh. Terus, satu hal yang bikin Me mupeng, bajunya Alice tuw lucu2 semua… Sayang Me berusaha googling buat caru baju2 yang dia pake dalam gambar ini buat Me pajang di sini, tapi gak dapet apa2… Padahal, beneran deh, baju dia bagus2 banget. Model-nya lucu. Belum lagi flat shoes yang dia pake,,. Aah, bikin mupeng.

sELAIN kUALITAS wARNA daN kOSTUM aLICE,…satu lagi yang Me suka dari pelm ini adalah sisipan2 humor di dalamnya. Memang bukan jenis komedi yang bisa bikin Qt ngakak, tapi tetep bisa bikin Qt tertawa dan adda ajja yang bisa bikin lucu. Tapi lucunya itu lebih ke dialog antar tokohnya sih…

tERUS,, sELAEN iTU…ada lagi yang bikin Me suka ma pelm iniy.. Yaitu, si Chesire Cat, kucing yang bisa tersenyum lebar. Me suka banget ma kucing iniy, lucu, menggemaskan, tampang kayak Garfield, kocak, bisa terbang dan muter2in badan. Belum lagi warna bulunya, abu2 + belang ijo tosca, lucu banget kan???

sATU lAGI…Me makin cinta ma pelm ini karena nyebut2 Jakarta, Sumatra, dan Borneo. Tau Borneo kan? Itu nama lain Pulau Kalimantan… Hwaa,, lumayan lah, jadi bangga gitu ma Indonesia karena beberapa bagian dari negara ini disebut2 di sana.. Ahahahgg.. Gitu dong sekali2 sebut Indonesia,,biar Indonesia go internasional… Hohoho..

hWADHU,,..Sebenarnya niy bukan pelm favourite Me. Tapi setelah dilihat2 kok banyak banget ya yang bikin Me suka ma pelm ini? Ahahahg.. Yasudlah,. Btw, mau tau gimana ceritanya pelm ini? Niy Me ceritain…

aWAL kISAH…digambarkan bahwa si kecil Alice sering bangun di malam hari gara2 mimpi buruk. Suatu malam, saat ayahnya sedang rapat membahas masalah rute berlayar ke seluruh dunia(?) (dan menyebut2 Jakarta!), Alice nongol di ruang kerja ayahnya. Ayahnya yang tau masalah Alice ini, langsung berusaha menenangkan anaknya itu dengan mendengarkan mimpi buruknya. Alice bilang kalo di mimpinya dia ketemu kelinci yang bawa2 jam, kucing yang wajahnya selalu tersenyum, dan semua hal yang ada di Wonderland. Ayahnya yang mewarisi dia jiwa petualang, bilang kalo semua yang dia katakan itu adalah hal2 gila, tapi itu merupakan sesuatu yang baik. Dan dia bilang, itu hanya mimpi dan semua mimpi buruk itu akan hilang saat dia bangun.

wAKTU cEPAT bERLALU…diceritakan kalo Alice sudah berusia 19tahun dan ayahnya sudah meninggal. Suatu hari ibunya mengajak dia ke garden party di rumah partner kerja ayahnya. Sepanjang jalan ke tempat pesta, dari percakapan Alice dan ibunya terlihat bahwa Alice tumbuh menjadi anak yang tidak suka mengikuti aturan dan lebih suka melakukan apa yang menurutnya benar. Dia menganggap pake kaos kaki adalah konyol, sama konyolnya dengan memakai jala ikan di rambut (hiasan rambut yang dipake sebagai aksesories di rambut, biasanya kayak topi kecil gitu) dan juga korset. Sampe di tempat pesta dia langsung dansa bareng Hamish, anak teman ayahnya itu. Selama dansa, pikiran Alice berimajinasi. Saat melihat burung dia tertawa. Hamish bertanya apa yang dia tertawakan. Alice jawab dia sedang membayangkan bagaimana kalau manusia bisa terbang seperti burung. Hamish menganggap itu konyol. Namun, Alice tidak peduli dan menganggap apa yang dia katakan mungkin saja terjadi, sama sekali bukan hal yang mustahil. Cerita punya cerita, hari itu akan jadi hari dimana Hamish akan melamar Alice dan kalau Alice menerima pinangannya, pesta itu akan menjadi pesta pertunangan mereka. Alice lumayan terkejut waktu mendengar hal itu dari teman2 dan kakaknya. Kakaknya bilang, dia sudah hampir 20 tahun dan usia segitu adalah usia emas bagi seorang gadis. Dia harus bisa membuat keputusan terbaik. Akan lebih baik bila Alice menerima pinangan Hamish karena kalau tidak dia akan berakhir menjadi perawan tua seperti salah satu bibi mereka yang sekarang hanya bisa mengkhayalkan seorang pangeran tampan yang sebenarnya tidak ada.

sAAT pROPOSED tIME tIBA…Alice melihat kelinci melompat2 di kejauhan. Rasa penasaran atas kelinci itu membuat dia terpaksa harus pergi tanpa menjawab lamaran Hamish. Dia lari mengejar kelinci itu sampai di bawah sebuah pohon dengan lubang besar di bawahnya. Dia melongok ke lubang itu dan tidak sengaja terjatuh. Ini niy, adegan jatuhnya kalo Me bilang sedikit membosankan, lorong yang dia lalui panjang banget. Yang bikin kocak adalah saat dia akhirnya berhenti jatuh, ternyata dia jatuh bukan di lantai, tapi di atap. Jadinya dia jatuh lagi deh. Adegan ini juga lumayan kocak,,..

nAH, KALO DAH SAMPE SINI…ini niy yang kayaknya jadi trademark kisah ini, adegan dimana dia terkurung di sebuah ruangan dan semua pintu terkunci. Hanya ada satu pintu yang ada kuncinya, tapi pintu itu terlalu kecil untuk dia. Lalu dia melihat ada botol dengan tulisan ‘Drink Me’ di atas meja. Setelah dia minum cairan dalam botol itu, tubuhnya jadi kecil. Eh, tapi waktu dia mau masuk ke pintu kecil itu, kuncinya ada di atas meja dan tubuhnya terlalu kecil untuk ngambil. Di bawah meja dia lihat ada kue dengan tulisan ‘Eat Me’, terus dia makan deh. Ternyata itu kue untuk membesarkan tubuh dan gara2 dia terlalu banyak makan kue itu, dia jadi terlalu besar untuk ruangan itu, sampe harus nunduk2 gitu.. Dengan tubuh sebesar itu, dia ambil kunci dan membuka pintu, lalu minum cairan  yang di botol (Me lupa namanya) lagi. Sekarang dia bisa masuk pintu kecil itu. Ternyata itu adalah Wonderland…

Alice in Wonderland

iNTI cERITA DI pELM iNIY…adalah tentang Alice kembali ke Wonderland setelah sekian lama. Dia pernah ‘maen2’ ke sana kan waktu kecil (yang dia anggap mimpi itu), jadi waktu dia balik kesana orang2 dah pada tau dia hanya gak yakin kalo ini adalah Alice yang sama dengan yang mereka kenal. Jadi ceritanya, kedatangan Alice sudah di ramalkan. Akan ada sebuah hari besar di Wonderland yang disebut Frabjous Day dimana Alice akan mengalahkan Jabberwocky, binatang peliharaannya Red Queen. Ceritanya, Wonderland sedang kacau gara2 pemimpinnya yang kejam, The Red Queen. Sumpah, karakter ini tampangnya mbanyol banget….Kepalanya lebih gede dari badannya… Kocak Kocak…

jADI…Red Queen ini berkuasa setelah merebut kekuasaan dari adiknya, White Queen. Kalo dari apa yang Me tangkap c, sepertinya setelah orang tua mereka gak ada Wonderland diberikan pada White Queen. Red Queen gak terima karena merasa dia adalah anak tertua, jadi dia yang merasa dia lebih berhak menjadi ratu. Keadaan jadi gak karuan gara2 Red Queen jadi ratu. Satu sifat jeleknya dia adalah dia suka memenggal kepala orang yang gak dia suka. Setiap kali ada yang melakukan kesalahan, dia akan memenggal kepala orang itu. Dan dia juga suka menindas makhluk laen. Semua furniture di istananya pake tenaga hewan. Kaki kursi dan meja, pake tenaga monyet, stik golf pake burung flamingo, bola golfnya pake landak, gokil banget dah niy orang.

aDA lAGI sATU yANG bIKIN lUCU… karakter pasukannya Red Queen dan White Queen. Karakter dari pasukan pengawal ato tentara Red Queen adalah kartu remi dengan warna merah hitam, sedangkan punya White Queen bidak catur warna putih. Sebenarnya gak lucu2 amat sih, tapi Me suka aja idenya. Adda aajjah niy orang yang bikin pelm.

sEBENARNYA bANYAK bANGET niY,,..yang bisa dikomentari dari pelm iniy.. Tapi kayaknya cukup segitu aja. Me gak bisa ceritain jalan ceritanya secara lengkap. Bukan karena apa2, tapi jujur aja Me gak hafal ma nama2 tokohnya selain yang Me sebutkan di sini–kecuali Jabberwocky, tuw Me browsing. Namanya susah2. Lagipula sepanjang pelm Me terlalu asyik mengagumi gambaran karakternya yang unik2. Ahahahg..

oH tAPI aDA sATU hAL LAGI…yang mo Me share. Sepanjang pelm ini Me menemukan kalo tokoh2 mereka gak asing. Me liat2 mereka mirip ma karakter2 di acara/pelm lain. Ini diantara yang Me temukan:

1. Red Queen, dengan kepala besarnya mirip banget ma karakter Kepala Besar di komik Kungfu Komang.

The Red Queen

2. Si Kembar yang suka berdebat, Tweedlee and Tweedledum, kepala botaknya mengingatkan Me akan Upin dan Ipin.

Tweedledee&Tweedledum

Tweedledee & Tweedledum

3. Chesire Cat, si kucing yang wajahnya selalu senyum lebar iniy, tampang imutnya mirip ma Garfield. Ini niy yang bikin Me tambah gemes ma karakter yang satu ini..

Chesire Cat

nIY pELM bENAR2 bERHASIL…menarik perhatian dunia. Buktinya sampe Me selesai me-review pelm ini pendapatannya dah mencapai 231 juta dolar. Tuw baru di Amerika n Inggris aja, tapi kalo di total pendapatannya di seluruh dunia dah mencapai 400juta. Dah balik modal niy, karena budget yang mereka keluarkan untuk produksi pelm ini sekitar 200jutaan. Hwidhiii…

uNTUK sEMUA pENDAPAT..positif Me terhadap pelm ini, Me kasih 4 bintang untuk pelm iniy. Nyaris sempurna. Me cuma rada gak mudeng aja ma nama2 tokohnya, selebihnya two thumbs up!!! Kisah Alice emang terkenal banget, buktinya sekali ketik ‘Alice in Wonderland’ di Google banyak banget yang keluar. Yang bikin Me heboh adalah kisah ini dah banyak banget di adaptasi ke pelm. Versi ter-jadulnya, yang pertama kali dibuat tahun 1903, ada di Youtube, kalo mo lihat. Gambarnya masih hitam putih, durasi cuma 10 menit. Ahahag, iseng banget Me nonton.

Kalo Mo liat gambar ato apa pun tentang pelm ini bisa buka site khusus pelm ini dari Disney:

http://adisney.go.com/disneypictures/aliceinwonderland/

soundtrack: Avril Lavigne – Alice

Sebenarnya OST-nya banyak banget yang di isi artis/band beken, ex: Owl City & All American Reject, tapi Me lebih suka yang Avril ini.

sEGITU aJA dEH…kayaknya semua yang pengin Me tulis dah Me tulis. Ini review terlama yang Me tulis karena butuh berhari2 untuk menulisnya gara2 kesibukan Me kuliah… ahahag…Tapi yakin deh, semua yang kepikiran waktu nonton dah Me tulis semua. Yang pasti ini pelm high recommended banget buat yang punya adek/anak kecil karena cocok banget untuk mengembangkan imajinasi mereka dan membuat mereka gak takut untuk berkhayal…

_*LoveMe.oNk*_

@swk64jgj


About this entry