Alzheimer disease: When You Lost Your Memory, You Lost Your Soul

AWAL ME TAU PENYAKIT INI..,, dari artikel di koran Republika berapa taun yg lalu. Yang bikin Me tertarik dengan penyakit ini adalah para penderitanya secara perlahan lupa dengan hal2 kecil, seperti gimana cara melakukan kegiatan sehari2,. Satu contoh, yang Me baca di artikel itu dan Me inget banget ma bagian ini karena menurut Me bener2 parah, ada sebuah keluarga yg salah satu anggota keluarganya menderita Alzheimer’s Disease (AD) terkejut melihat ada koran di FREEZER. Selidik punya selidik, pelakunya adalah keluarga mereka yg menderita AD itu,. Ya, segitu parahnya penyakit ini. Pikiran Qt benar2 jadi kacau, seolah2 pikiran Qt bukan milik Qt lagi, tapi Qt gak sadar akan kekacauan yg Qt buat.

yANG BIKIN mE LEBIH TERTARIK LAGI,,,sama penyakit ini karena Ronal Reagen, mantan presiden AS, menderita penyakit ini sebelum meninggal. Yang menyedihkan dari kisah Pak Reagen ini adalah pada saat dia menderita AD, anak perempuannya akan menikah. Dan saat itu dia sudah masuk ke Alzheimer tingkat serius, dimana dia sudah mulai tidak mengenali keluarganya. Padahal pernikahan adalah hal yang penting bagi seorang cewek, kan? Kesabaran keluarga benar2 dibutuhkan dalam menghadapi penderita AD.

sEBENARNYA APA SIH,, Alzheimer’s Disease itu?

Niy penyakit termasuk ke dalam kategori penyakit demensia. Istilah demensia dipake untuk menggambarkan sindroma klinis menurunnya daya ingat. Definisi yg Me dapat dari Wikipedia,

Alzheimer atau kepikunan merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif yang di sebabkan karena berkurangnya gizi di otak

Kalo definisi menurut Unit Neurobehaviour pada Bosto Veterans Administration Medical Center (BVAMC) *alamak*

Demensia adalah kelainan fungsi intelek didapat dan bersifat menetap dengan adanya gangguan paling sedikit 3 dari 5 komponen fungsi luhur, yaitu gangguan bahasa, memori, visuospasial, emosi, dan kognisi.

Pusing gak c, ma pengertian itu? Kalo Me c mikirnya, demensia berasal dari dua kata: demen = suka, dan sia = lupa. Jadi demensia adalah suka lupa. ^o^ ohohoho, ngawur banget ya,,..

Dari pengertian di atas (yang paling atas ya, bukan pengertian Me yang ngawur itu), jelaslah alasan penderita penyakit ini jadi kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.


mE GAK BERNIAT MENJELASKAN SEDETAIL2NYA,,,kalo mo info lengkap googling aja, banyak banget tulisan tentang Alzheimer yg lebih berbobot drpd tulisan Me ini, yg bakal muncul di halaman Mbah Google,,.. Me kasih tau garis besarnya aja, ya, buat yang gak tau tentang penyakit ini,,. Me juga cuma pengen tau aja c, tentang penyakit yang satu ini. Me pengen tau mungkin gak kita2 yang masih muda kena penyakit ini.

Gambaran Otak Penderita Alzheimer

mE PERNAH NONTON kOREAN mOVIE,,.judul Inggrisnya “A Moment To Remember“, judul aslinya “Nae Moerisokui Jiwoogae” yang ceritanya tentang seorang istri yang pelupa banget dan ternyata dia mengidap AD. Dia awalnya menganggap sifat pelupanya adalah hal yang biasa, I mean, sapa sih yang gak pernah lupa? Tapi sifat pelupanya ini memang dah terkenal banget di antara orang2 yang dia kenal. Saking terkenalnya sifat pelupanya itu, waktu dia bilang dia kadang lupa jalan pulang teman2 dia menganggap itu bukan hal yang patut dikhawatirkan. Padahal itu adalah salah satu indikasi AD. Untungnya dia langsung ke rumah sakit dan ketahuanlah kalo dia kena AD.

aLZHEIMER’S DISEASE TERJADI,,,secara perlahan. Ada tiga tingkatan gejala:

  1. Gejala tingkat ringan → lupa taruh kunci mobil, kacamata; lupa mo beli apa waktu sampe di warung; lupa nomor telepon
  2. Gejala tingkat sederhana → lupa kasih gula ke minuman ato garam ke masakan; lupa cara ikat tali sepatu
  3. Gejala tingkat serius → lupa jalan ke rumah; tidak mengenali kerabat dekat ato rekan kerja; tidak mengenali keadaan lingkungan sekitar rumah

FUN FACT!! Eh, sebenarnya gak bisa dibilang FUN juga c,,.

Me baca dari sebuah blog kedokteran, AD bisa bersifat genetis. Untuk mengidentifikasi adanya penyakit ini bisa dilakukan dengan meninjau riwayat kesehatan keluarga. Kalo ada salah satu keluarga yang pernah di diagnosis mengidap penyakit ini maka dapat dilakukan analisis kromosom. Penderita AD mengalami kelainan gen di kromosom 1, 14 dan 19. Ingat penyakit yang bernama Syndrom Down? Penderitanya mengalami kelainan gen pada kromosom 21. Kedua penyakit ini memang memiliki patologis kematian selular otak yang serupa dan itu disebabkan oleh kelainan gen pada kromosom yg disebutkan tadi.

kEBANYAKAN INFO YANG ME DAPAT,,,dari googling, menyebutkan kalo penyakit ini kebanyakan diderita oleh orang tua berusia 48 tahun ke atas. Tapi sebenarnya, usia 20-30 tahun mulai mengalami apoptosis, yaitu terjadi kematian sel terutama yang tidak atau jarang dipakai. Ini normal2 aja karena bagian dari proses penuaan. Walo begitu proses penuaan otak yang sebenarnya baru terjadi di usia 50an.

aDA JUGA YANG DISEBUT,,,youth onset dementia ato bahasa kerennya ‘kepikunan dini’. Ini niy, yang biasa lupa taruh barang, lupa kalo ada jadwal kuliah *parah*, bisa dikatakan menderita penyakit ini (termasuk Me,.hii tapi amit2 deh). Yang parah c, penderita demensia itu kadang cenderung emosional, cepat marah. Tiap kali lupa taruh barang, dia marah2 k e orang lain dan menyalahkan mereka atas kelupaannya itu.

yANG mE SEREM ADALAH,,,mungkinkah Me mengidap penyakit ini?? Walopun gak menular, tapi tetap aja serem. Belakangan ini Me emang pelupa dan susah dalam menghafal pelajaran. Untungnya, Me masih ingat jalan pulang ke kost-an dan Me masih ingat rumah Me di Malang. Satu hal yang pasti Me harus mencegah hal itu terjadi karena penyakit ini benar2 akan menyusahkan diri Me, terlebih lagi orang2 sekitar Me.

cARA MENCEGAHNYA,,.Me harus lebih sering melatih otak Me. Berhubung Me dah menginjak usia 20 tahun, otak Me sudah mulai mengalami apoptosis donk. Yang mengalami apoptosis kan sel2 yang tidak dan jarang digunakan, jadi Me harap kalo otak Me lebih sering dipake bakal lebih sedikit sel yang mati, kan. Nah, cara pake otak supaya gak cepet mati (yang Me tau) adalah:

  • Banyak menulis → menulis akan melatih koordinasi mata dan tangan, otomatis dengan bekerjanya dua indra itu otak ikut bekerja
  • Belajar bahasa asing → ini akan melatih kemampuan menghafal otak
  • Banyak olahraga → saat kita joging ato jalan otak akan banyak memperhatikan lingkungan dan ini sangat bagus untuk otak
  • Mencoba memperhatikan benda2 yang ada disekitar Qt, kemudian menyebutkannya dengan mata tertutup → ini juga melatih kemampuan menghafal.
  • Banyak makan2an yang bergizi → makanan kayak protein, karbohidrat dan vitamin bagus untuk otak

iNGATAN,,, adalah hidup Qt. Tanpa memory, gak akan ada yang bisa Qt lakukan. That’s why, when you lost your memory, you lost your soul. Ketika kamu perlahan lupa akan lingkungan sekitarmu, lupa akan orang2 sekelilingmu, saat itulah kamu kehilangan dirimu.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi diri Me dan orang yang membacanya.

~Keep your memory, keep your soul~

_*LoveMe.oNk*_

@swk64jgj

Advertisements

About this entry