[TUGAS]=:Kanker: Jenis Kanker di Indonesia:=

aLLOOHHAA~~!

Setelah sekian lama Me kembali lagi kesini. Hahaha… Kali iniy ada tugas mata kuliah Produk Suplemen untuk membahas tentang kanker. Akan tetapi, karena iniy adalah tugas kelompok dan me dapet bagian membahas tentang jenis kanker yang banyak di Indonesia, jadi (sementara) me hanya bisa ng-post tentang itu aja yaa.. hehehe.. Nanti kalo sempat me tambahin deh versi lengkapnya. Hohoho..

jENIS kANKER di iNDONESIA

Penyakit kanker termasuk tiga besar penyakit tidak menular dengan prevalensi terbesar di Indonesia. Menurut Riskesdas 2007, prevalensi kanker (tumor ganas) pada semua kelompok umur adalah 10,2%, berada di bawah stroke dan hipertensi. Berikut ini adalah gambaran prevalensi penyakit tidak menular pada semua kelompok umur di Indonesia (infodokterku.com)

Image

International Agency for Research on Cancer (IARC), sebuah organisasi penelitian kanker yang berada di bawah naungan WHO menyebutkan bahwa pada tahun 2008 sekitar 12,6 juta orang di dunia menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia. Jumlah penderita kanker diperkirakan akan terus bertambah hingga mencapai 26 juta orang dan 17 juta orang meninggal akibat kanker pada tahun 2030 (UICC, 2009). Jenis kanker dengan prevalensi tertinggi di dunia adalah kanker jantung (12,7%), kanker payudara (10,9%), dan kanker kolon atau usus besar (9,8%) (AIRC, 2008).

                Di Indonesia, data prevalensi lima tahunan yang dirilis oleh Globocan IARC (2008) menunjukkan bahwa sebanyak 292.629 orang menderita kanker dengan prevalensi kematian sebanyak 214.626 orang. Kanker payudara memiliki prevalensi tertinggi di Indonesia, yaitu sebesar 13,6 %. Jenis kanker lain yang banyak terjadi di Indonesia adalah kanker jantung (13,0 %) dan kanker usus besar (11,5 %). Berikut ini adalah gambaran prevalensi kanker di Indonesia. 

(sumber: Globocon.iarc.fr)

Globocan IARC (2008), dalam situs resminya, juga merilis prevalensi lima tahunan kanker berdasarkan jenis kelamin. Jenis kanker yang banyak diderita wanita Indonesia adalah kanker payudara (25,5%), kanker usus besar (10,5%), dan kanker serviks atau mulut rahim (8,8%). Sedangkan jenis kanker yang banyak diderita pria Indonesia adalah kanker paru-paru (19,4%), kanker usus besar (12,7%), dan kanker nasopharinx (7,4%). Angka prevalensi penyakit kanker di Indonesia berdasarkan jenis kelamin adalah 2:1 antara wanita dan pria, dimana prevalensi wanita adalah 5,7 dan prevalensi pria adalah 2,9 per 1000 penduduk. 

 Untuk keterangan lebih lanjut tentang kanker bisa coba buka situs resmi IARC, disitu keterangannya cukup lengkap. Situs itu juga ngasih link yayasan2 kanker di tiap negara dunia. Selain itu juga ada link langsung ke Globocan untuk melihat prevalensi kanker di dunia. Prevalensi kanker bisa diakses langsung melalui situs iniy berdasarkan jenis kanker atau negara yang diinginkan. Menurut Me situs iniy sangat membantu. Ada satu situs yayasan kanker anak Indonesia yang me suka konsepnya *rada gak nyambung sih iniy*. Situs itu adalah YOAI (Yayasan Onkologi Anak Indonesia). Situsnya lucu dan menarik. Hohoho

Sekian dulu ya, post kali ini. Cuma sedikit yang bisa me kasih, tapi semoga membantu :)

Happy Studying~!

_*LoveMe.oNk*_

@swk64jgj

Sumber:

Riskesdas, 2007

infodokterku.com

Globocan.iarc


About this entry